Saturday 21 January 2017

Pasang Https Gratis Cloudflare pada Blogger

Pasang Https Gratis Cloudflare pada Blogger - SSL (SECURED SOCKET LAYER) adalah sistem untuk mengenkripsi data dari server ke client, atau sebaliknya dari client ke server. Web yang sudah menggunakan teknologi SSL ditandai dengan gembok hijau pada Address Bar Browser Anda dan beralamat HTTPS. Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu cara setting HTTPS untuk Web atau Blog Anda secara Gratis menggunakan Cloudflare.

Cloudflare adalah CDN (Content Delivery Network) yang berfungsi untuk melindungi diantara Nameserver dan Domain Name yang berfungsi untuk memfilter trafik, meyembunyikan Ip Address asli dari web hoting, membuat cache situs agar ditampilkan lebih cepat, dan lain-lain.

Cara Pasang Cloudflare
1. Sign Up ke https://www.cloudflare.com/
2. Setelah Sign Up lalu Set Up website masukan alamat web Anda lalu ikuti intruksi selanjutnya, lalu pilih Free website lalu tekan Continue, tunggu beberapa saat hingga anda mendapat intruksi untuk menggubah nameserver pada setingan domain Anda. Anda akan mendapatkan name server perti contoh gambar dibawah ini :
3. Ubah name server pada hostingan Anda. Setelah di ubah lalu simpan pengaturan name server Anda.
4. Masuk ke pengaturan Crypto ubah SSL menjadi Flexible, seperti gambar dibawah ini :

5. Masuk pada Menu Page Rules lalu masukan alamat website Anda, contohnya masukan URLs seperti ini : http://*littlecyber.com/* lalu pada The the settings are : pilih Always Use HTTPS. Lalu klik Save And Deploy. Setelah itu aktifkan dengan mengubah off ke ON. Contoh settingannya seperti gambar dibawah ini :
Setelah semua settingan selesai tinggal tunggu beberapa jam saja hingga settingan url web Anda berubah menjadi https.

Ada kasus dimana saya pernah mengalami https di url saya menjadi UNSECURED (bertanda kuning). Jangan khawatir, Anda cukup rubah saya link-link pada template web Anda yang awalnya http menjadi https (wajib dilakukan bagi anda pengguna blogger). setelah Anda rubah maka akan menjadi wana hijau (gambar gembok) tandanya settingan Cloudflare Anda berjalan dengan baik.

Sampai saat ini saya menggunakan SSL gratis dari Cloudflare, saya menggunakan yang gratisan agar ketika akan membeli yang premium/berbayar sudah paham. Meskipun gratis namun SSL pada Cloudflare sangat bermanfaat sekali (terutama bagi saya).

Pengalaman saya setelah mencoba mengubah Littlecyber.com ini menjadi HTTPS dirasa sangat memuaskan karena loading menjadi lebih cepat dan ringan, karena pada dasarnya CDN akan mengirimkan data pada server terdekat dengan client. Lalu dari segi keamanan data dan privacy tentu terjaga antara web dan users.

Jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment