Thursday 26 January 2017

Preprocessor, Tipe Data, Operator, Variabel dan Konstanta Pada C++

A. Preprocessor

1. #include

PreProcessor - #include digunakan untuk memanggil atau menambahkan file header (file unit) yang telah
dibuat sebelumnya. File header berisikan perintah-perintah atau fungsi-fungsi yang telah didefinisikan.
Beberapa file header , secara default telah ada di dalam Borland C++ Builder 6, namun bisa dibuat sendiri
sesuai dengan kebutuhan.
PreProcessor ini berada pada bagian paling atas dari pemrograman. Berikut contoh penulisannya:
#include “iostream.h”
#include “File1.h”

atau
#include <iostream.h>
#include <File1.h>

2. #define

PreProcessor - #define digunakan untuk mendefiniskan sebuah identifier (pengenal) untuk menggantikan
beberapa pernyataan (statement) yang ada di header file. Berikut contoh penulisannya:
#define AG “AMIK GARUT”
#define GRT “Garut”

artinya, pengenal AG dapat menggantikan posisi pernyataan “AMIK GARUT” dan
GRT menggantikan “Garut”.
#define akhir 97.54
#define bilbul 1000

Artinya, akhir bernilai konstan 97.54 dan bilbul bernilai konstan 1000.

B. Tipe Data

Tipe data merupakan bagian program yang paling penting karena tipe data mempengaruhi setiap instruksi yang
akan dilaksanakan oleh computer.
Misalnya saja 5 dibagi 2 bisa saja menghasilkan hasil yang berbeda tergantung tipe datanya. Jika 5 dan 2
bertipe integer maka akan menghasilkan nilai 2, namun jika keduanya bertipe float maka akan menghasilkan
nilai 2.5000000. Pemilihan tipe data yang tepat akan membuat proses operasi data menjadi lebih efisien dan
efektif.
Dalam bahasa C terdapat bebarapa tipe data dasar, antara lain :

C. Tipe Bentukan

1. Array

Array merupakan kumpulan dari nilai-nilai data yang bertipe sama dalam urutan tertentu yang
menggunakan nama yang sama. Letak atau posisi dari elemen array ditunjukkan oleh suatu index. Dilihat
dari dimensinya array dapat dibagi menjadi Array dimensi satu, array dimensi dua dan array multi-dimensi.
//Bentuk Umum Array 1 Dimensi
type_data variabel[jumlah_elemen];
//Bentuk Umum Array 2 Dimensi
type_data variabel[jumlah_elemen1] [jumlah_elemen2];
//Bentuk Umum Array Multi Dimensi
type_data variabel[jumlah_elemen1] [jumlah_elemen2] .. [jumlah_elemenN];

2. Struktur

Tipe struktur (Record dalam pascal) adalah tipe yang berfungsi untuk mengumpulkan data-data yang
sejenis atau berbeda jenis dalam satu kesatuan.
//ContohTypedef struct Mahasiswa{
int nim;
String Nama;
String Alamat;
};
//contoh deklarasi variable M dengan tipe data Mahasiswa
Mahasiswa M;//Contoh Cara MengaksesM.nim=123; dst….

3. Enumerasi

Tipe Enumerasi adalah tipe data yang nilainya telah didefinisikan sebelumnya.
//contoh Deklarasienum BOOLEAN {SALAH, BENAR}//Contoh PenggunaanBOOLEAN x;//contoh mengisi nilai variable xX=SALAH;
X=BENAR;

D. Operator Assignment

Operator Keterangan
= Untuk memasukan nilai
+= Untuk menambahkan nilai dari keadaan semula
-= Untuk mengurangi nilai dari keadaan semula
*= Untuk mengembalikan nilai dari eadaan semula
/= Untuk melakukan pembagian terhadap bilangan semula
%= Untuk emasukan nilai sisa bagi dari pembagian bilangan semula
<<= Untuk memasukan shift left
>>= Untuk memasukan shift right
&= Untuk memasukan bitwise AND
^ = Untuk memasukan bitwise XOR
|= Untuk memasukan bitwise OR

E. Operator Aritmatika

Bahasa C menyediakan lima operator aritmatika, yaitu :
* : untuk perkalian
/ : untuk pembagian
% : untuk sisa pembagian (modulus)
+ : untuk pertambahan
- : untuk pengurangan.

F. Operator Relasional

< Kurang dari
<= Kurang dari sama dengan
> Lebih dari
>= Lebih dari sama dengan
== Sama dengan
!= Tidak sama dengan .
//Contoh
Typedef struct Mahasiswa{
int nim;
String Nama;
String Alamat;
};
//contoh deklarasi variable M dengan tipe data Mahasiswa
Mahasiswa M;
//Contoh Cara Mengakses
M.nim=123; dst….
//contoh Deklarasi
enum BOOLEAN {SALAH, BENAR}
//Contoh Penggunaan
BOOLEAN x;
//contoh mengisi nilai variable x
X=SALAH;
X=BENAR;

G. Operator Logika

&& : Logika AND (DAN)
|| : Logika OR (ATAU)
! : Logika NOT (INGKARAN).

H. Kode Penentu Format

. %c : Membaca sebuah karakter
. %s : Membaca sebuah string
. %i, %d : Membaca sebuah bilangan bulat (integer)
. %f, %e : Membaca sebuah bilangan pecahan (real)
. %o : membaca sebuah bilangan octal
. %x : Membaca sebuah bilangan heksadesimal
. %u : Membaca sebuah bilangan tak bertanda.

I. Operator Unary

Pre-Increment : untuk menaikan sebuah variabel bertipe int, long atau char dengan nilai 1 (satu) sebelum
variabel tersebut diproses.
Bentuk Umum : ++nama_variabel
Bentuk Umum : nama_variabel++

Post-Increment : merupakan kebalikan dari Pre-Increment.
Bentuk Umum : --nama_variabel
Bentuk Umum : nama_variabel--

J. Variabel dan Konstanta

Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses
program.
Konstanta merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah selama proses program berlangsung. Konstanta
nilainya selalu tetap. Konstanta harus didefinisikan terlebih dahulu di awal program. Selain itu, bahasa C juga
menyediakan beberapa karakter khusus yang disebut karakter escape, antara lain :
\a : untuk bunyi bell (alert)
\b : mundur satu spasi (backspace)
\f : ganti halaman (form feed)
\n : ganti baris baru (new line)
\r : ke kolom pertama, baris yang sama (carriage return)
\v : tabulasi vertical
\0 : nilai kosong (null)
\’ : karakter petik tunggal
\” : karakter petik ganda
\\ : karakter garis miring.

No comments:

Post a Comment