Thursday 26 January 2017

Sejarah Perkembangan HTML

Dimulai dari tahun 1980 IBM mulai membuat suatu bahasa pemrograman dimana Text dan format sebuah dokumen dijadikan satu dalam bahasa pemrograman yang disebut GML (Generalized Markup Language), lalu pada tahun 1986 ISO pun mulai membuat sebuah standardarisasi bahasa pemrograman tersebut dan mengubah GML menjadi SGML (Standard Generalized Markup Language). Selang 3 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1989 maka, lahirlah bahasa pemrograman yang dikenal dengan HTML (Hypertext Markup Language) yang muncul dari pemikiran Caillau Tim dan rekannya Banners Lee Robert. Mereka mengembangkan bahasa pemrograman ini dan mempopulerkannya dengan browser Mosaic hingga keberadaannya semakin populer dan berkembang dari tahun 1990 sampai saat ini.

Hypertext Markup Language (HTML)
Adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.

Berikut adalah versi dari HTML:

HTML versi 1.0

Merupakan versi pertama sejak nama HTML itu sendiri lahir dan memiliki beberapa kemampuan seperti heading, paragraph, hypertext, bold, italic, wrapping dan juga memiliki dukungan dalam peletakan sebuah gambar.

HTML versi 2.0

Rilis pada tanggal 14 Januari 1996, pada versi ini ada beberapa tambahan kemampuan diantaranya penambahan form comment, sehingga memungkinkan untuk berinteraksi dan mulai dari versi inilah yang menjadikan homepage interaktif sebagai pioneer dalam setiap perkembangannya.

HTML versi 3.0

Dirilis pada tanggal 18 Desember 1997 yang sering disebut sebut sebagai HTML+ yang mempunyai kemampuan tambahan di setiap fasilitasnya, diantaranya adalah penambahan fitur tabel dalam paragraph.

HTML versi 4.0

Yang dirilis pada tanggal 24 Desember 1999, seperti yang telah kita kenal HTML pada saat ini, dimana terdapat penambahan fitur seperti link, meta, imagemaps , image dan masih banyak lagi, hal ini sebagai penyempurna versi sebelumnya.

Pada tanggal 4 Maret 2010, sebagaimana informasi yang berkembang saat itu, menjelaskan bahwasanya HTML versi 5.0 masih dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu organisasi yang terkonsentrasi mengembangkan bahasa pemrograman HTML sejak versi 2.0.

HTML versi 5

  • Penambahan input type & validasi form
  • Native Audio dan Video
  • Canvas
  • Offline Support
  • Drag & Drop
  • Mengakses Hardware.
  • Masih ada beberapa fitur tambahan seperti Notifikasi gaya desktop, keamanan, WebRTC, Microdata, PageVisibility, Fullscreen support, Web socket, History API, HTML editing, spellcheck WebGL dan beberapa teknologi web yang masih dikembangkan.

Berikut adalah Penambahan Terbaru Tag dan Attribut HTML 5
Berikut adalah Penambahan Terbaru Attribut pada Element Input
Demikian rangkuman singkat tentang Sejarah Perkembangan HTML.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment